Selasa, 29 Januari 2013

Monorel Made In Bekasi




Keren nih, akhirnya indonesia bisa memproduksi monorel. Monorel ini dibangun dengan menggunakan 90 persen komponen lokal, 10% lagi bentuk conventer saja. Dan desain prototype dan mesin juga bikinan Indonesia. Yang memproduksi adalah PT Melu Bangun Wiweka yang berlokasi di daerah bekasi.

Adalah Kusnan Nuryadi tokoh di balik keberhasilan PT Melu Bangun Wiweka memproduksi monorel. Pria kelahiran Kuningan, 7 Agustus 1947 ini berhasil menciptakan moda transportasi berbasil rel tunggal ini dengan beberapa inovasi dan pengembangan dari beberapa monorel yang sudah ada di dunia.

Kusnan sudah melakukan penelitian dari tahun 2005 dengan ekspedisi ke berbagai negara, yang paling utama adalah negeri Jepang. Kusnan terus melakukan pembaruan dan penciptaan konsep serta desain untuk mendapatkan prototype yang siap untuk dilakukan di 2009. Kusnan dan 5 orang tenaga ahli kemudian membuat prototype pertama dan selesai awal 2012.


Monorel buatan lokal ini mampu mengangkut 125 penumpang per gerbong dan untuk Indonesia cocok membawa sekitar 6 gerbong sekali jalan. Kecepatan maksimal monorel 80 km/jam.

Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sempat mengunjungi pabrik monorel buatan lokal di Bekasi. Beliau menyatakan bangga karena ada anak bangsa yang bisa mengembangkan teknologi canggih monorel ini.

Semoga monorel ini bisa menjadi solusi kemacetan di Ibukota.



sumber : sijanggut.blogdetik

Tidak ada komentar: