Sabtu, 23 Februari 2013

Mampu Berlibur Tanpa Berhutang



Ayo kita pergi berlibur!


Biasanya keluarga akan pergi berlibur di bulan-bulan anak libur sekolah seperti Juni-Juli dan Desember-Januari. Tetapi perencanaan liburan perlu dilakukan jauh-jauh hari.

Hal paling menyedihkan yang pernah saya temukan adalah saat orang berlibur dengan menggunakan utang! Tak jarang saya bertemu dengan orang yang begitu kerasnya bekerja namun tidak bahagia. Lalu liburan dijadikan alasan untuk hidup lebih senang. Parahnya, liburan ini tidak menyelesaikan masalah, malah menimbulkan masalah baru. Ini terjadi saat seseorang berlibur edengan menggunakan utang.



Perencanaan keuangan tidak melarang utang. Sebetulnya utang bisa membuat keuangan kita lebih efisien. Kita tidak harus menggunakan dana kas yang besar dan dapat membayarkan pengeluaran yang besar dalam periode yang lebih panjang. Dengan cara ini kita dapat mencapai lebih banyak tujuan finansial.

Tetapi, kita perlu hati-hati dalam menggunakan utang. Utang dapat digunakan asalkan ada Aset sebagai lawan dari Utang. Utang dapat digunakan saat cicilannya tidak melebihi 30% dari Penghasilan Bulanan. Utang juga dapat digunakan saat barang yang kita beli dengan utang memang digunakan dalam waktu yang cukup panjang dan/atau dengan periode pembayaran utang yang sama dengan penggunaan barang.

Berlibur, artinya kita membayarkan semua pengeluaran tanpa menimbulkan pembentukan Aset. Kita pun mungkin hanya pergi berlibur selama maksimal 7 hari. Berlibur 7 hari lalu dibayarkan untuk 4 bulan ke depan? Tentu tidak masuk akal untuk menggunakan utang untuk berlibur.

Bagaimana dengan kartu kredit? Sekarang banyak kemudahan melalui kartu kredit. Terutama untuk keperluan liburan. Semua dapat dibayarkan menggunakan fasilitas kartu kredit. Apalagi, membeli tiket pesawat dan booking hotel sudah dapat dilakukan secara online, menggunakan kartu kredit.

Tentu tidak masalah. Kartu kredit dapat kita gunakan sebagai alat pembayaran untuk segala persiapan liburan. Yang kita harus siapkan adalah Dana Liburan dalam rekening terpisah. Sehingga saat kita menggunakan kartu kredit, kita memang memiliki uang untuk membiayai liburan dan membayarkan semua tagihan kartu kredit ini.

Kapan Anda akan berlibur dengan keluarga?

Pastikan Anda memiliki Dana Liburan dan tidak membayarkan liburan ini dengan utang!





Financial Planning is about Planning a Better YOU!

(Artikel ini menjelaskan Langkah ke-15 dari 100 Langkah Untuk Tidak Miskin)


sumber : Kolom kompas

Tidak ada komentar: