Rabu, 13 Februari 2013

Merencanakan Hidup Yang Lebih Baik

Begitu kata sebuah pepatah yang selalu saya ingat. Hidup ini membutuhkan sebuah perencanaan. Seperti membangun rumah, tentu kita memerlukan blueprint dari seorang arsitek untuk tahu tata letak rumah ini sebelum dibangun. Dalam masa pembangunan, perubahan wajar saja terjadi dan kita perlu melakukan adjustments.


Demikian juga dengan keuangan kita. Banyak orang yang merasa ‘biarkan saja semua mengalir seperti air’. Ini tidak salah. Tetapi betapa mudahnya jika kita memiliki visi tentang apa yang kita inginkan dan sebuah road map tentang cara mendapatkannya.

Ayo mulai pikirkan pada bagian mana Anda akan berkontribusi bagi perbaikan ekonomi negeri. Buat saya sebagai perencana keuangan independen, kontribusi saya adalah terus membantu edukasi tentang keuangan bagi masyarakat luas. Ada 100 langkah untuk bisa secara terus menerus memperbaiki kondisi keuangan pribadi kita. Mulai dari hal-hal sederhana seperti mengubah pola pikir soal cara memiliki penghasilan, mengatur apa saja pengeluaran kita setiap minggu, hingga hal yang lebih besar seperti menyiapkan down payment untuk rumah pertama kita. Bahkan langkah-langkah ini juga bisa berupa persoalan mengumpulkan Dana Pendidikan, berlibur ke destinasi idaman dan kemampuan untuk pensiun dini.

Pada kolom ini, Anda dapat menikmati tulisan-tulisan pendek yang dibuat praktis agar Anda dapat langsung menerapkannya pada keuangan pribadi masing-masing. Mungkin masih ada pembaca yang skeptis dan tidak mau melakukan perubahan. Take your time! Saya sendiri perlu waktu untuk bisa menyadari bahwa saya punya masalah dengan cara saya mengelola uang. Apalagi saya merasa hidup nyaman-nyaman saja, punya pengetahuan keuangan dan pernah bekerja di sebuah bank asing. Tetapi setelah melakukan pemeriksaan yang seksama, saya pun sadar ada banyak cara yang lebih baik lagi dalam mengelola uang. Dan di kolom inilah saya akan menceritakan perubahan yang saya rasakan.

Biarkan angka yang turut bicara saat Anda mengatur keuangan pribadi. Rasanya perubahannya pada diri Anda. Sebarkan virus perubahannya untuk orang sekitar kita.



Selamat Berjuang!





Ligwina Poerwo-Hananto
CEO QM Financial – Perencana Keuangan Independen
www.qmfinancial.com
Penulis buku “Untuk Indonesia Yang Kuat – 100 Langkah Untuk Tidak Miskin”

  sumber ; kolom kompas

Tidak ada komentar: