Airbus S.A.S. adalah produsen pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Prancis. Perusahaan ini didirikan tahun 2001 di bawah hukum Prancis sebagai perusahaan join stok yang dipermudah or "S.A.S." (Société par Actions Simplifiée). Airbus dipegang oleh EADS (80%) dan BAE SYSTEMS (20%), dua penyedia dan pemroduksi militer terbesar. Juga dikenal nama dahulu Airbus Industrie, atau Airbus. Airbus mempekerjakan sekitar 50.000 karyawan di beberapa negara Eropa. Perakitan final dilaksanakan di Toulouse, Prancis dan Hamburg, Jerman, meskipun konstruksi dilakukan di beberapa pabrik di Eropa. Airbus Industrie mulai sebagai konsorsium perusahaaan penerbangan Eropa untuk menandingi perusahaan Amerika seperti Boeing dan McDonnell Douglas. Dibentuk pada tahun 1970 setelah adanya persetujuan antara Aerospatiale (Prancis) dan Deutsche Aerospace (Jerman) (disusul oleh CASA (Spanyol) pada tahun 1971) untuk mengembangkan Airbus A300, yang terbang pertama kali pada 1972
Jenis Subsidiary
Industri Aerospace
Didirikan 1970 (Airbus Industrie)
2001 (Airbus SAS)
Kantor pusat Blagnac, France
Tokoh penting Thomas Enders, CEO
Harald Wilhelm, CFO
John Leahy, Chief Commercial Officer
Fabrice Brégier, COO
Produk Commercial airliners (list)
Pendapatan ▲ €27.45 billion (FY 2008)
Laba bersih ▲ €1.597 billion (FY 2008)
Karyawan 52,000
Induk EADS
Anak perusahaan Airbus Military
Situs web http://www.airbus./
Industri Aerospace
Didirikan 1970 (Airbus Industrie)
2001 (Airbus SAS)
Kantor pusat Blagnac, France
Tokoh penting Thomas Enders, CEO
Harald Wilhelm, CFO
John Leahy, Chief Commercial Officer
Fabrice Brégier, COO
Produk Commercial airliners (list)
Pendapatan ▲ €27.45 billion (FY 2008)
Laba bersih ▲ €1.597 billion (FY 2008)
Karyawan 52,000
Induk EADS
Anak perusahaan Airbus Military
Situs web http://www.airbus./
Tipe - Tipe Pesawat Produksi Airbus
Pesawat Airbus
Pesawat sipil A300 • A300 Beluga • A310 •
A320 family (A318, A319, A320, A321)
• A330 • A340 • A380
Pesawat militer A310 MRTT • A330 MRTT • A400M
Dalam pengembangan / rencana A350 • NSR • KC-45
Jenis lain Sud Aviation Caravelle • Aérospatiale-BAC Concorde • BAC One-Eleven
Tempat Perakitan Pesawat Airbus Di Toulouse, Prancis
Airbus mulai membangun fasilitas perakitan akhir untuk pesawat armada A350 XWB di Toulouse, Perancis, dengan dana senilai 140 juta dollar AS, yang diharapkan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 1.000 orang. Presiden dan CEO Airbus Tom Enders dalam keterangan pers, Rabu (21/1), mengatakan, pembangunan fasilitas perakitan akhir itu menunjukkan kemajuan yang lebih cepat. Karena itu dicanangkan penyerahan pertama pesawat A350 XWB akan dilakukan pada tahun 2013. Pesawat ini akan menjadi model bagi efisiensi di industri penerbangan, katanya. Hanggar seluas 74.000 meter itu akan menjadi lokasi tahap pertama perakitan akhir untuk A350 XWB, yaitu penggabungan badan dan sayap pesawat. Uji coba dan pemasangan peralatan kabin akan dilakukan di instalasi A330/340. "Kami optimis penyerahan pesawat itu pada 2013 akan dapat dicapai melihat berbagai persiapan yang sudah dilakukan," ucapnya.
Address
Airbus Headquarters in Toulouse
1, Rond Point Maurice Bellonte
31707 Blagnac Cedex
Tel: 0033 (0)5 61 93 33 33
Alur Perakitan Pesawat Airbus
Proses Perakitan Pesawat Airbus Tipe a320
Airbus A320 adalah jenis kelompok pesawat penumpang komersial jarak dekat sampai menengah yang diproduksi oleh Airbus. A320 merupakan pesawat penumpang pertama dengan sebuah sistem kendali fly-by-wire digital, di mana pilot mengendalikan penerbangan melalui penggunaan sinyal elektronik dan bukan secara mekanik dengan hendel dan sistem hidrolik. Kelompok pesawat A320 (yang termasuk A318, A319, A320, dan A321, serta pesawat jet bisnis ACJ) adalah satu-satunya kelompok pesawat berbadan sempit (narrow-body) yang diproduksi Airbus.
Mesin Pesawat Airbus Tipe a320
Fan tip diameter : 63.5 in
Length, flange to flange : 126 in
Takeoff thrust : 23,000 - 32,000 lb
Flat rated temperature : 86 - 131° F
Bypass ratio : 4.5 - 5.4
Overall pressure ratio : 26.9 - 33.4
Length, flange to flange : 126 in
Takeoff thrust : 23,000 - 32,000 lb
Flat rated temperature : 86 - 131° F
Bypass ratio : 4.5 - 5.4
Overall pressure ratio : 26.9 - 33.4
The V2500 engine
Proses Perakitan Pesawat Airbus Tipe a320
Tipe Pesawat penumpang jet berbadan sempit
Produsen Airbus
Terbang perdana 22 Februari 1987
Diperkenalkan 28 Maret 1988
Status Aktif
Pengguna US Airways
EasyJet
United Airlines
Air France
Jumlah produksi 4,125 pada 31 Desember 2009
Harga satuan A318 : US$56.0 hingga $62.1 juta (2008)
A319 : $63.3 hingga $77.3 juta (2008)
A320 : $73.2 hingga $80.6 juta (2008)
A321 : $87.7 hingga $92.8 juta (2008)
Produsen Airbus
Terbang perdana 22 Februari 1987
Diperkenalkan 28 Maret 1988
Status Aktif
Pengguna US Airways
EasyJet
United Airlines
Air France
Jumlah produksi 4,125 pada 31 Desember 2009
Harga satuan A318 : US$56.0 hingga $62.1 juta (2008)
A319 : $63.3 hingga $77.3 juta (2008)
A320 : $73.2 hingga $80.6 juta (2008)
A321 : $87.7 hingga $92.8 juta (2008)
Proses Perakitan Pesawat Airbus Tipe a380
Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat. Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Alliance Gp 7200, dengan daya dorong 37.003 kg. Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya
Mesin Pesawat Airbus Tipe a380
SLS, flat rated to ISA +15°C Thrust 70,000 - 76,500lb (certificated to 80,000lb)
Bypass ratio 8.5 - 8.7
Inlet mass flow 2655 - 2745lb/sec
Type : Three-shaft high bypass ratio (8.7-8.5) turbofan engine
Length : 4.55 m (179 in)
Diameter : 2.94 m (116 in) fan tip
Dry weight : 6,271 kg (13,830 lb)
Bypass ratio 8.5 - 8.7
Inlet mass flow 2655 - 2745lb/sec
Type : Three-shaft high bypass ratio (8.7-8.5) turbofan engine
Length : 4.55 m (179 in)
Diameter : 2.94 m (116 in) fan tip
Dry weight : 6,271 kg (13,830 lb)
Rolls-Royce Trent-900
Proses Perakitan Pesawat Airbus Tipe a380
Proses Perakitan Pesawat Airbus Tipe a330/a340
Airbus A330 merupakan sebuah pesawat terbang sipil komersial jarak-menengah-hingga-jauh berkapasitas besar, berbadan lebar. Pesawat ini dibuat pada waktu yang sama dengan Airbus A340 bermesin empat. Diperkirakan bahwa pesawat ini digantikan oleh Airbus A350. Airbus A340 adalah pesawat penumpang komersial berukuran besar yang diproduksi oleh Airbus. Memiliki desain yang mirip dengan tipe Airbus A330 tetapi A340 menggunakan empat mesin tidak hanya dua seperti A330. Ditujukan untuk menggantikan pesawat generasi sebelumnya seperti Boeing 747 tetapi varian terakhir ini sekarang bersaing dengan Boeing 777
Type : Triple-spool high bypass turbofan
Length : 3.91 m (154 in)
Diamete : 2.47 m (97 in)
Dry weight :
Bypass ratio : 5.0:1
Rolls-Royce Trent 700
Airbus :Fly-by-wire
ini teknologi plg mantaaafff di airbus. singkatnya, batang hidraulik yg naujubilah berat nya diganti ama sinyal elektronik. jadi berat pesawat bisa di potong banyak. dan beda dengan boeing yg dari kemudi langsung ke control surface, di airbus, sinyal dari sidestick masuk ke FMGC ( flight management guidance sytem ) dulu. Jadi, pesawat dilindungi dr kesalahan2 yg mungkin dibuat pilot ( pilot jg manusia ). Nama bekennya, flight envelope. contoh, pilot ga bisa nge roll pesawat lbh dr 60 derajat. diboeing bisa walaupun cockpit bakal teriak2 mau lbh extreme, coba arahin pesawat ke gunung terus pitch up tanpa nyentuh throttle, di boeing, ya bakal meluncur tuh pesawat ke gunung di airbus, engine bakal otomatis ke full thrust jadi pesawat ga stall
Wingfence
di boeing ada blended winglet dan raked wingtip, di airbus ada wingfence. wingfence sendiri bkn desain tambahan kaya blended winglet. tp merupakan sayap itu sendiri. keunggulan nya, ringan cuy ga kaya blended winglet nya boeing yg ada limitasi berat. contoh, winglet di 767, ga bisa dipasang di 767 yg pake mesin Rolls Royce.
Komputerisasi
Hampir seluruh sistem di airbus di komputerisasi. ini menghemat proses training pilot.
Navigasi
IRS ( inertial reference system. CMIIW ) di airbus ada 3 cuy navigasi jauh lbh akurat. di buing sendiri cuma 2.
Irit
kalau diitung fuel burn / seat, a320 lbh irit drpd 737-800 ( 737-800 spek, mtow, capacity nya plg mendekati a320 )
Dan masih banyak lagi, kaya flap config yg make angka, bukan derajat, ND yg lbh kumplit, dsb
kurang nya skg, si airbus ga punya widebody buat extra long range kaya 777-300ER ( a350 blm keluar sih )
Sumber : Kaskus
Type : Triple-spool high bypass turbofan
Length : 3.91 m (154 in)
Diamete : 2.47 m (97 in)
Dry weight :
Bypass ratio : 5.0:1
Rolls-Royce Trent 700
Proses Perakitan Pesawat Airbus Tipe a330/a340
Airbus :Fly-by-wire
ini teknologi plg mantaaafff di airbus. singkatnya, batang hidraulik yg naujubilah berat nya diganti ama sinyal elektronik. jadi berat pesawat bisa di potong banyak. dan beda dengan boeing yg dari kemudi langsung ke control surface, di airbus, sinyal dari sidestick masuk ke FMGC ( flight management guidance sytem ) dulu. Jadi, pesawat dilindungi dr kesalahan2 yg mungkin dibuat pilot ( pilot jg manusia ). Nama bekennya, flight envelope. contoh, pilot ga bisa nge roll pesawat lbh dr 60 derajat. diboeing bisa walaupun cockpit bakal teriak2 mau lbh extreme, coba arahin pesawat ke gunung terus pitch up tanpa nyentuh throttle, di boeing, ya bakal meluncur tuh pesawat ke gunung di airbus, engine bakal otomatis ke full thrust jadi pesawat ga stall
Wingfence
di boeing ada blended winglet dan raked wingtip, di airbus ada wingfence. wingfence sendiri bkn desain tambahan kaya blended winglet. tp merupakan sayap itu sendiri. keunggulan nya, ringan cuy ga kaya blended winglet nya boeing yg ada limitasi berat. contoh, winglet di 767, ga bisa dipasang di 767 yg pake mesin Rolls Royce.
Komputerisasi
Hampir seluruh sistem di airbus di komputerisasi. ini menghemat proses training pilot.
Navigasi
IRS ( inertial reference system. CMIIW ) di airbus ada 3 cuy navigasi jauh lbh akurat. di buing sendiri cuma 2.
Irit
kalau diitung fuel burn / seat, a320 lbh irit drpd 737-800 ( 737-800 spek, mtow, capacity nya plg mendekati a320 )
Dan masih banyak lagi, kaya flap config yg make angka, bukan derajat, ND yg lbh kumplit, dsb
kurang nya skg, si airbus ga punya widebody buat extra long range kaya 777-300ER ( a350 blm keluar sih )
Sumber : Kaskus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar