Kamis, 17 Februari 2011

Anoreksia (sebuah gangguan kesehatan psikologis)

Lauren Brudenell, Wanita pada gambar di atas kehilangan berkilo2 berat badannya karena terobsesi untuk terlihat langsing dari sebelum hingga begitu menjaga pola makannya (diet). Namun diet yang berlebihan membuat nya malah terlihat aneh dan didiagnosa sebagai seorang penderita anorexia atau eating disorder.

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya. AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati ALT dan GGT, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.

Seseorang yang menderita AN disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadi anorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan.

Anorektik dapat juga menunjuk ke obat penahan nafsu

SUMBER: ******

Tidak ada komentar: