Rabu, 16 Februari 2011

McDonald's Sarinah, dari Bambang ke Bos Sosro


VIVAnews - Setelah sempat menghilang lebih dari setahun, gerai McDonald's di Sarinah, jl Thamrin, Jakarta resmi dibuka kembali. Sejak 1 Oktober 2009, gerai itu berganti nama menjadi ToniJack's Indonesia milik Bambang Rachmadi. Namun, mulai hari ini, gerai tersebut ganti lagi menjadi McDonald's.

Pergantian itu merupakan buntut dari perseteruan antara McDonald's dengan Bambang Rachmadi, bekas pemilik lama McD.

Perseteruan ini bermula dari langkah PT Bina Nusa Rama (BNR) sebagai  pemegang waralaba McDonald's dan telah mengalihkan sebagian besar dari keseluruhan asetnya kepada PT Rekso Nasional Food (RNF), produsen minuman merek Sosro. Keputusan pengalihan aset itu diambil para pemegang saham BNR.
Sementara Bambang Rahmadi yang mempunyai 10 persen saham PT BNR merasa tidak mengetahui pengalihan tersebut. Bambang yang mempunyai hak waralaba sejak 1991 itu merasa dilangkahi oleh BNR dan McDonald's Amerika.

Namun, menurut BNR, Bambang sudah diberi tahu pengalihan tersebut sesuai prosedur. Bambang sebagai pemegang saham juga dihargai sepenuhnya dan memiliki kesempatan cukup dan turut serta mengambil keputusan mengenai hal-hal yang diputuskan dalam rapat tersebut.

Bambang merasa dizalimi oleh perusahaan makanan siap saji asal Amerika tersebut. Bambang mengajukan gugatan kepada McD di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan itu ditujukan karena terjadi pengalihan hak waralaba dan penjualan aset berupa 97 store McD kepada Rekso.
“Seharusnya saya diajak berdiskusi dan berunding terlebih dahulu, bukan langsung mengalihkan lisensi dan menjual aset tanpa sepengetahuan saya," kata Bambang kepada VIVANews, 2 Juni 2009.

Sembari proses peradilan berjalan, Bambang pun tak lagi diizinkan menggunakan nama dagang McDonald's paling lambat 15 September 2009. Dia lantas mengenalkan nama ToniJack's Indonesia sebagai pengganti McD mulai 1 Oktober 2009.

Salah satu dari 13 gerai yang dioperasikan ToniJacks's beroperasi di gedung Sarinah Thamrin, Jakarta. Dengan posisi strategis di pusat keramaian di jalan Thamrin, gerai di Sarinah buka 24 jam nonstop. Sejumlah gerai lainnya berlokasi di Plaza Arion, Melawai dan Kebon Jeruk, Jakarta.

Setelah sekitar setahun berjalan, ToniJack's tak muncul lagi di Sarinah. Di beberapa lokasi lainnya ToniJack's juga demikian, ToniJack's tidak lagi kelihatan beroperasi.

Di gedung Sarinah, pengelola gedung terpaksa menenderkan lokasi di lantai dasar itu kepada pihak lain. PT Rekso Nasional Food (produsen Sosro) yang mengusung waralaba McDonald's di Indonesia tidak menyia-nyiakan tawaran itu.

"Ini sebuah kesempatan bisnis," kata  Presiden Direktur PT Rekso Nasional Food Sukowati Sosrodjojo dalam keterangannya di Sarinah, Thamrin, Minggu 13 Februari 2011. Tepat pukul 00.00 WIB, Senin dini hari, 14 Februari 2011, PT Rekso Nasional Food membuka gerai McDonald's yang ke 112. (hs)
• VIVAnews

Tidak ada komentar: